RPP Matematika SMP Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                    : SMP
Kelas/Semester                        : Kelas VIII/Semester 2
Mata Pelajaran                         : Matematika
Topik                                       : Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Waktu                                      : 2 X 45’

   A.    Kompetensi Inti
1  .    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2  .    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,    kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3  .    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4  .    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

   B.    Kompetensi Dasar :
   2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
   2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
   2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.

3.9       Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat

   C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
          1. Menemukan konsep persamaan kuadrat satu peubah
          2. Menentukan bentuk umum persamaan kuadrat satu peubah

   D.   Tujuan Pembelajaran
     Setelah melalui proses pembelajaran, siswa dapat menemukan bentuk umum persamaan kuadrat melalui  kegiatan unjuk kerja.

   E.    Materi
           Konsep Persamaan Kuadrat Satu peubah

   F.    Model/Metode Pembelajaran
           Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (Scientific).
Metode pembelajaran yang digunakan adalah kooperatif (cooperative learning) dengan menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).

  G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
    a.  Apersepsi
± 10 menit
        1.    Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi).
        2.    Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peserta didik (Disiplin)
        3.    Membahas pekerjaan rumah (Tanggung Jawab).
        4.    Memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali ingatan peserta didik tentang menentukan nilai peubah(Komunikatif).
    b.  Motivasi
        1.    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
        2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
        3.    Mejelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang berhubungan dengan materi persamaan kuadrat satu peubah.
        4.   Menyampaikan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 77.
Inti 
       a.     Kegiatan Initi I
± 10 menit
        1.    Peserta didik diberikan stimulus berupa bahan ajar oleh guru mengenai menemukan bentuk umum persamaan kuadrat satu peubah dalam kehidupan sehari-hari (ketelitian)
        2.    Guru menggali pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik tentang materi yang telah lalu.
                   Contoh :  menentukan nilai variabel dengan menggunakan manipulasi aljabar
        3.    Guru mengelompokkan siswa menjadi 8 kelompok heterogen berdasarkan kemampuan akademik, dengan anggota kelompok sebanyak 5 orang.
        4.    Menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan penilaian aktivitas siswa di kelas.
        5.    Menyampaikan penjelasan singkat cara menggunakan LKS sebagai media/alat pembelajaran (Kerja sama, Tanggung jawab)
      b.     Kegiatan Inti II
b.1 Orientasi siswa pada masalah
± 15 menit
      1.   Memberikan LAS (Lembar Aktivitas Siswa) kepada siswa pada semua kelompok, meminta salah seorang siswamembaca petunjuk penggunaan LAS (Lembar Aktivitas Siswa)Setelah itu meminta tanggapan siswa tentang kejelasan petunjuk tersebut.
      2.   Mengarahkan siswa untuk mempelajari LAS (Lembar Aktivitas Siswa) dan menyelesaikan masalah persamaan kuadrat dan bisa mengulang-ngulang bagian ini sampai benar-benar memahaminya.
      3.   Mengklarifikasi apa yang menjadi tugas setiap siswa.
b.2 Membimbing penyelidikan kelompok
± 15 menit
      1.   Berkeliling ruang kelas dan memberikan scaffolding pada siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan.
      2.   Guru membantu siswa dalam berbagi tugas dalam menyelesaikan masalah di kelompoknya.
            b.3 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
± 15 menit
      1.   Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi di depan kelas.
      2.   Meminta 3 orang siswa yang mewakili kelompok menuliskan jawabannya di papan tulis (jawaban berbeda).
    c.  Kegiatan Inti III
± 10 menit
      1.   Memimpin diskusi kelas dengan meminta tanggapan siswa lainnya terhadap jawaban temannya di papan tulis.
      2.   Mengarahkan siswa melakukan refleksi atas jawaban mereka.
      3.   Mengarahkan siswa untuk memperbaiki jawaban mereka dan membuat kesimpulan.
Penutup
       1.    Guru memberikan umpan balik positif terhadap siswa yang cepat dan tepat dalam mengerjakan tugas (Menghargai prestasi).
± 15 menit
       2.    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan dibantu oleh guru (Tanggung jawab).
       3.    Guru memberikan penugasan terstruktur berupa postest yang harus dikerjakan secara individu dan membaca materi untuk pertemuan berikutnya (Jujur, kerja keras, tanggung jawab).
       4.    Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum atau kurang paham dalam mengerjakan latihan (Kerja keras).
       5.    Mengarahkan siswa mengerjakan soal Latihan yang terdapat dalam LKS di rumah secara individual.

   H.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
     1.    Alat           :  LaptopInfocus dan LAS ( Lembar Aktivitas Siswa )
     2.    Sumber      :  Buku Panduan Siswa Matematika Kls VIII hal 208-220,
   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013.

  I.   Penilaian Hasil Belajar
     1.        Teknik Penilaian : pengamatan, tes autentik
     2.        Prosedur Penilaian :



No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
    1.
Sikap
     a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran Konsep Persamaan Kuadrat Satu Peubah.
     b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan melakukan ujuk kerja.
     c.     Toleran terhadap proses dan selesaian pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi dan melakukan unjuk kerja
  2.
Pengetahuan
Menjelaskan cara menemukan bentuk umum persamaan kuadrat secara tepat, sistematis, dan kreatif.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian kelompok
  3.
Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep persamaan kuadrat satu peubah.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (kelompok) dan saat diskusi

   J.    Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes Tertulis
Sepotong kawat tembaga panjangnya 78 cm akan dibentuk menjadi seperti gambar dibawah ini.
Tentukanlah :
a. x dalam r
b. luas maksimum bangun




Jawab :
           a.   x dalam r
      78 = 2x + 4r +   . 2pr
      78 = 2x + 4r +  . 2 .  . r
      78 = 2x + 4r +    . r (x 7)
    546 = 14x + 50r
        x = 
        x = 

    b.   Luas Maksimum Bangun
     Luas Bangun =  Luas persegi panjang + Luas setengah lingkaran
      LB =  Lpp + Lsl
      1.      Lpp = pl
               Lpp = x 2r =  x 2=  

      2.      Lsl =  pr2
               Lsl =  . . r=

3.      LB = Lpp + Lsl
               =  +
               =  
          = 
 Sehingga luas bangun tersebut adalah  

Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.


Rubrik Penyelesaian Permasalahan
Skala Penilaian
Rubrik Penyelesaian
SkorMaksimum
PemahamanMasalah
Membagi bangun menjadi 2 bagian
1.    Setengah Lingkaran
2.    Persegi Panjang

Menentukan keliling  lingkaran = . 2pr
Menentukan keliling persegi panjang = 2x + 4r
             = 2x + 2r
3
Penyelesaian Masalah /Rencana dan Pelaksanaan Penyelesaian
         c. x dalam r
78 = 2x + 4r +   . 2pr
78 = 2x + 4r +  . 2 .  . r
78 = 2x + 4r +    . r (x 7)
546 = 14x + 50r
 x  =
 x  =

  d.  Luas Bangun
Luas Bangun =  Luas persegi panjang + Luas setengah lingkaran
LB =  Lpp + Lsl
1.    Lpp = pl
Lpp = x 2r =  x 2=  

2.   Lsl =  pr2
Lsl =  . . r=

3.    LB = Lpp + Lsl
     =  +
     =  
  =






6








3



3





3
JawabanMasalah
a.  x = 
b.  Luas Bangun =

2
Total skor maksimum
20


TUGAS KELOMPOK
Sejumlah murid mengumpulkan uang sebanyak Rp. 96.000,-. Setiap orang harus memberi iuran yang sama. Kemudian ternyata 4 orang tidak mau bayar. Untuk menutup kekurangannya, murid – murid lain harus menambah masing – masing Rp 2000,-. Berapakah jumlah murid yang membayar ?










Lampiran 1

LEMBAR AKTIVITAS SISWA I

Kelompok : ….
Kelas        : VIII
Sekolah    :

Tanpa menentukan nilai peubah, nyatakan pernyataan berikut dalam bentuk persamaan dengan satu peubah !
PERTANYAAN
JAWABAN
1.   Selisih kuadrat dari hasil kali 2 bilangan ganjil berurutan sama dengan 255.
2.   Jumlah kuadrat dua bilangan kelipatan 3 berurutan adalah 225.
3.   Luas maksimum persegi panjangdari suatu persegi panjang panjangnya (p + 3) cm dan lebarnya (7 – p) cm.
4.   Banyak suku dari jumlah n suku pertama suatu deret aritmatika ditentukan dengan rumus Sn = 3n² – 6n. Jika Sn = 105.
5.   Panjang sisi hipotenus, Jika (p + 3) cm adalah sisi terpanjang sebuah segitiga, dengan penyikunya masing-masing p cm dan (p – 3) cm.
6.   Panjang sisi persegi jika luas persegi panjang yang berukuran panjang (2p + 1) cm dan lebar p cm sama dengan luas persegi dengan ukuran (p + 2) cm.
7.   Jumlah suatu bilangan dengan 3 kali kebalikannya adalah 4.
Ketua Kelompok        :
Anggota           : 1.
                           2.
                           3.
                           4.
                        
8.   Panjang rusuk tegak prisma jika luas permukaan prisma 114 cm² dengan alas persegi memiliki rusuk alas p cm dan rusuk tegak (p + 5) cm.



Lampiran 2
Kunci Lembar Aktivitas Siswa 1 
1.     Selisih kuadrat dari hasil kali 2 bilangan ganjil berurutan sama dengan 255.Jawab :
n(n+2) = 255
n(n+2) - 255 = 0
n² + 2n - 255 = 0
2.     Jumlah kuadrat dua bilangan kelipatan 3 berurutan adalah 225.
Jawab :
a² + (a + 3)² = 225
a² + (a + 3)² - 225 = 0
2a² + 6a + 9 - 225 = 0
2a² + 6a - 216 = 0
a² + 3 - 108 = 0
3.     Luas maksimum persegi panjang dari suatu persegi panjang panjangnya (p + 3) cm dan lebarnya (7 – p) cm.
Jawab :
(p + 3) x (7 - p) = 0
-p² + 4p + 21 = 0
4.     Banyak suku dari jumlah n suku pertama suatu deret aritmatika ditentukan dengan rumus Sn = 3n² – 6n. Jika Sn = 105.
Jawab :
3n² - 6n - 105 = 0 ;
n² - 2n - 35 = 0
5.     Panjang sisi hipotenus, Jika (p + 3) cm adalah sisi terpanjang sebuah segitiga, dengan penyikunya masing-masing p cm dan (p – 3) cm.
Jawab :
(p + 3)²  = p² + (p - 3)²
p² + 6p + 9  = p² + p² - 6p + 9
p² - 12p = 0
6.     Panjang sisi persegi jika luas persegi panjang yang berukuran panjang (2p + 1) cm dan lebar p cm sama dengan luas persegi dengan ukuran (p + 2) cm.
Jawab :
p (2p + 1)   = (p + 2)²
2p² + p = p² + 4p + 4
p² – 3p - 4  = 0
7.     Jumlah suatu bilangan dengan 3 kali kebalikannya adalah 4.
Jawab :
n +  – 4 = 0
n² – 4n + 3 = 0
8.     Panjang rusuk tegak prisma jika luas permukaan prisma 114 cm² dengan alas persegi memiliki rusuk alas p cm dan rusuk tegak (p + 5) cm.
Jawab :
2p² + 4p (p + 5) – 114 = 0
2p² + 4p² + 20p - 114 = 0
6p² + 20p - 114 = 0
3p² + 10p - 57 = 0



Lampiran 3

LEMBAR AKTIVITAS SISWA II

Kelompok : ….
Kelas        : VIII
Sekolah    :

MASALAH 7.1
Arsitek Ferdinand Silaban merancang sebuah rumah adat Batak di daerah Tuk-tuk di tepi Danau Toba. Ia menginginkan luas penampang atap bagian depan 12 m2. Di dalam penampang dibentuk sebuah persegi panjang tempat ornamen (ukiran) Batak dengan ukuran lebar 2 m dan tingginya 3 m. Bantulah Pak Silaban menentukan panjang alas penampang atap dan tinggi atap bagian depan!
PENYELESAIAN







Ketua Kelompok        :
Anggota           : 1.
                           2.
                           3.
                           4.                    









Lampiran 4



Kelompok : ….
Kelas        : VIII
Sekolah    :



LEMBAR AKTIVITAS SISWA IIII
MASALAH 7.2
Nenek moyang salah satu suku di Indonesia dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan perkalian mereka menggunakan basis lima dengan fakta bahwa banyak jari tangan kiri atau kanan adalah lima. Coba bantu temukan aturan perkalian untuk menentukan hasil kali bilangan dan dengan :
a. 5 < x, y < 10, dengan x, y  N
b. = 5 dan ≥ 5, dengan x, y  N
PENYELESAIAN






Ketua Kelompok        :
Anggota           : 1.
                           2.
                           3.
                           4.
                          

Lampiran 5

LEMBAR AKTIVITAS SISWA IV

Kelompok : ….
Kelas        : VIII
Sekolah    : 

MASALAH 7.3
Pak Anas memiliki tambak ikan mas di hulu sungai
yang berada di belakang rumahnya. Setiap pagi,ia pergi ke tambak tersebut naik perahu melalui sungai yang berada di belakang rumahnya.
Dengan perahu memerlukan waktu 1 jam lebih lama menuju tambak dari pada pulangnya. Jika laju air sungai 4 km/jam dan jarak tambak dari rumah 6 km, berapa laju perahu dalam air yang tenang?
Ilustrasi masalah dapat dicermati pada gambar berikut.
PENYELESAIAN










Ketua Kelompok        :
Anggota           : 1.
                           2.
                           3.
                           4.
                          


Lampiran 6

LEMBAR AKTIVITAS SISWA V


Kelompok : ….
Kelas        : VIII
Sekolah    :

MASALAH 7.4
Ronald anak Pak Sulaiman sedang asyik menunggang kerbau. Tiba-tiba ia melihat seekor burung yang berada di pohon dengan ketinggian 8 m dari tanah. Ronald mengarahkan ketapelnya dengan sudut 30o, ternyata batu ketapel mengenai burung saat batu mencapai ketinggian maksimum. Berapa kecepatan batu bergerak? (gravitasi bumi = 10 m/det2). Ilustrasi masalah, dapat kamu cermati pada gambar di bawah ini.
PENYELESAIAN
















Ketua Kelompok        :
Anggota           : 1.
                           2.
                           3.
                           4.        


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : VIII/2
Tahun Pelajaran            : 2013/2014
Waktu Pengamatan       : 2 x 45’

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Konsep Persamaan Kuadrat Satu Peubah
     1.    Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
     2.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
     3.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
    1.    Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
    2.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
    3.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
    1.    Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
    2.    Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
    3.    Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda (Ö) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.


No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
dst

Keterangan:
KB = Kurang baik                       B = Baik             SB = Sangat baik




LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran                : Matematika
Pokok Bahasan               : Peluang
Kelas/Semester               : VIII/2
Tahun Pelajaran               : 2013/2014
Waktu Pengamatan          : 2 x 45’

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan peluang.
1.    Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan peluang.
2.    Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan peluang tetapi belum tepat.
3.    Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan peluang dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1
2
3 dst

Keterangan:
KT        : Kurang terampil
T           : Terampil
ST         : Sangat terampil

Categories: Share

Leave a Reply